1/29/2012

" POHON ARA YANG TAK BERBUAH "

Lukas 13 : 6-9


Lalu Yesus mengatakan perumpamaan ini: "Seorang mempunyai pohon ara yang tumbuh di kebun anggurnya, dan ia datang untuk mencari buah pada pohon itu, tetapi ia tidak menemukannya.

Lalu ia berkata kepada pengurus kebun anggur itu: Sudah tiga tahun aku datang mencari buah pada pohon ara ini dan aku tidak menemukannya. Tebanglah pohon ini! Untuk apa ia hidup di tanah ini dengan percuma!

Jawab orang itu: Tuan, biarkanlah dia tumbuh tahun ini lagi, aku akan mencangkul tanah sekelilingnya dan memberi pupuk kepadanya, mungkin tahun depan ia berbuah; jika tidak, tebanglah dia!"

Pelajaran yang hendak disiarkan kepada manusia adalah. Sesungguhnya Tuhan sebagai pencipta manusia, yang adalah penumbuh kehidupan di bumi ini  ingin semua manusia mempunyai buah-buah kebaikan hidup yang dapat bermanfaat bagi sesamanya dan mebanggakan Tuhan (sebagai Sang Pencipta Manusia).

Kalau manusia tidak  menghasilkan buah-buah kebaikan hidup di bumi Ia akan memusnahkan dari muka bumi karena dianggap tidak berguna. Wah betapa nmengerikannya. Seperti pohon yang tidak berbuah yang tidak memberi manfaat bagi pak tani yang menanamnya, pohon itu akan ditebang dan dibakarnya, akhirnya api akan memusnahkanya.

Pertanyaanya; Sudahkah anda mempunyai buah-buah kebaikan hidup ?  Buah buah kebaikan hidup tidak akan dapat kita hasilkan karena manusia sudah terbelenggu dengan dosa. Jadi mustahil manusia dapat menghasilkan buah-buah kebaikan hidup itu.

Solusinya, Datang kepada Yesus untuk membebaskan kita dari belenggu dosa dan mohon petunjuk hidup benar dan nikmati penyertaan kasihnya yang sanggup mengubah kebencian menjadi cinta, kemalasan menjadi rajin, duka menjadi suka, iri hati  memjadi pemberi, pemarah menjadi pemaaf. Yesus juga memberikan jaminan keselamatan bagi setiap orang yang percaya kepadaNya.